sinawung talineng roso…

BEL OTOMATIS

BEL OTOMATIS

A. Latar Belakang

Dalam dunia pendidikan kita terdapat bermacam-macam sekolah-sekolah baik yang berstatus negeri maupun swasta, dan juga terbagi dalam tingkatan tertentu mulai tingkatan kanak-kanak, tingkatan dasar, menengah dan juga tingkat atas bahkan sampai pada perguruan tinggi. Perbedaan tingkatan sekolah mempengaruhi akan pembagian jam pelajaran pada sekolah-sekolah tertentu. Begitu pun juga pada sekolah yang berstatus negeri dan swasta tentunya distribusi jam pelajaran juga berbeda satu dengan yang lain.

Alokasi jam pelajaran setiap sekolah berbeda satu dengan yang lain, hal ini disebabkan oleh situasi dan kondisi pada lembaga tertentu. Adakalanya satu jam pelajaran berkisar antara 30 – 45 menit dan hal itu tergantung pada tingkatan sekolah dan juga kondisi sekolah tertentu.

Pergantian jam pelajaran pada umumnya dilakukan oleh petugas sekolah dalam hal ini adalah staf tata usaha. Pada masa dahulu pergantian jam pelajaran dilakukan dengan cara manual seperti menggunakan “kentongan” dan semakin lama semakin berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi seperti bel-bel listrik.

Seorang tenaga administrasi dalam hal ini staf tata usaha adalah juga seorang manusia yang mana sudah barang tentu tidak akan terlepas dari salah dan lupa. Hal ini sering kali terjadi ketika pada waktu pergantian jam pelajaran dikarenakan banyaknya tugas yang sedang dikerjakan sehingga sering kali pada saat pergantian jam seorang petugas lupa untuk memberi tanda (memencet bel) bahwa jam pelajaran telah berganti atau telah selesai.

Sejalan dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, banyak bermunculan program-program yang memang didesain untuk kebutuhan manusia sehari-hari. Program Bel Otomatis adalah salah satunya yang didesain untuk menunjang kegiatan pada lembaga pendidikan. Program ini dimaksudkan untuk mempermudah dan memperlancar pergantian jam pelajaran pada lembaga pendidikan dalam hal ini adalah sekolah-sekolah.

B. Tujuan

Dikeluarkannya program Bel Otomatis ini adalah dengan tujuan untuk mempermudah dan memperlancar kinerja dari tenaga administrasi sekolah dalam hal ini staf tata usaha dalam melakukan pergantian jam pelajaran atau ketika jam pelajaran telah selesai, sehingga dalam proses kegiatan belajar mengajar tidak ada missunderstanding antara tenaga edukatif yang satu dengan yang lain dalam menentukan pergantian jam pelajaran ataupun selesainya jam pelajaran,

C. Solusi

Seorang tenaga administrasi dalam hal ini staf tata usaha adalah juga seorang manusia yang mana sudah barang tentu tidak akan terlepas dari salah dan lupa. Hal ini sering kali terjadi ketika pada waktu pergantian jam pelajaran dikarenakan banyaknya tugas yang sedang dikerjakan sehingga sering kali pada saat pergantian jam seorang petugas lupa untuk memberi tanda (memencet bel) bahwa jam pelajaran telah berganti.

Berawal dari permasalahan itulah, para programmer menciptakan sebuah program bel otomatis sebagai salah satu alat untuk membantu staf tata usaha dalam mengatur pergantian jam pelajaran agar teratur sebagaimana dengan aturan atau pembagian waktu yang telah ditentukan, meskipun suatu saat seorang petugas atau tata usaha itu tidak berada di tempat pada saat jam pelajaran berganti, maka pekerjaan staf tata usaha itu dapat digantikan oleh program bel otomatis tersebut dengan sendirinya. Sehingga seorang itu tidak terlalu khawatir, jika suatu saat dia lupa untuk memberikan tanda bel saat jam pelajaran berganti. Sehingga waktu pergantian jam pelajaran tetap sesuai dengan aturan yang di buat.

D. Perancangan

Sebelum melakukan pengaturan pada Bel Otomatis tersebut, terlebih dahulu disiapkan peralatan/bahan-bahannya, antara lain :

  1. Computer
  2. Program bel otomatis
  3. Sound / speaker

Setelah bahan dan alat telah tersedia maka, selanjutnya yaitu menginstal program Bel Otomatis tersebut ke dalam komputer. Setelah program tersebut diinstal pada komputer maka perlu dilakukan pengaturan waktu sesuai dengan alokasi jam pelajaran pada tiap-tiap sekolah sebagai mana pada gambar di bawah ini.

Keterangan :

  1. Hari              : untuk mengatur hari
    1. Waktu          : untuk mengatur jam pelajaran (sebagaimana alokasi jam pelajaran di masing-masing sekolah)
    2. Sound          :  untuk memberi/mengatur suara pada bel
    3. Atensi          :  untuk pemberitahuan ketika bel berbunyi

Setelah itu Regional and Language pada komputer diatur terlebih dahulu sesuai dengan waktu dan tempat yang sesuai.

Cara Kerja :

Gambar 1

DFD Bel Otomatis

Keterangan :

  • Input
  1. Hari
  2. Waktu/Jam
  3. Alokasi Waktu (Jam Pelajaran)
  4. Bunyi bel
  • Output

–          Atensi/Pemberitahuan ketika bel berbunyi

Berdasarkan gambar di atas Program Bel Otomatis akan bekerja sesuai dengan setting waktu yang ada di komputer, program ini memang didesain khusus bekerja bersama komputer, dan yang menjadi akses dari program ini adalah CMOS yaitu suatu perangkat hardware komputer yang berfungsi sebagai pengatur semua setting yang ada di komputer termasuk pengaturan  waktu.

Jadi jika suatu saat CMOS tersebut mati atau lemah maka semua setingan yang berada di komputer akan mengalami perubahan termasuk juga setingan waktu yang mana akan mengakibatkan perubahan pula pada setingan pada program Bel Otomatis ini.

Bel Otomatis ini bekerja ketika setting waktu yang ada di komputer (Regional and Language Setting) menunjukkan waktu yang sama dengan waktu yang telah diinput pada program bel otomatis tersebut dengan output berupa bunyi bel yang disertai dengan atensi (pemberitahuan) yang telah diinputkan dan disesuaikan pada waktu yang telah disetting.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: